Park Hae Jin saat menjelaskan empat langkah pencegahan Virus Corona (Video Capture, instagram @mountain_movement)
Park Hae Jin saat menjelaskan empat langkah pencegahan Virus Corona (Video Capture, instagram @mountain_movement)

Merebaknya virus Corona atau coronavirus n-CoV ke Korea Selatan berlangsung sangat cepat. Tercatat, infeksi wabah ini telah mencapai 3.736 kasus.

Jumlah ini cukup besar, di luar dari negara China yang muncul dengan kasus pertama sejak akhir Desember 2019 lalu.

Bertambahnya jumlah kasus ini menjadi perhatian publik dunia. Beberapa selebritis Korea bahkan ikut berdonasi untuk mengatasi penyebaran virus mematikan ini. Seperti Kim Go Eun, Park Seo Jun, Song Joong Ki, I.U, Suga BTS dan masih banyak lainnya.

Bukan hanya donasi saja, belum lama ini salah satu aktor korea ternama Park Hae Jin juga ikut mengingatkan warganya agar menjaga perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Hal itu ditunjukkannya melalui unggahan di sosial media instagram @mountain_movement.

"Empat hal yang harus diperhatikan untuk mencegah Corona 19," caption dalam video tersebut.

 

 

Dalam video berdurasi 51 detik itu, empat hal tersebut dimulai dengan rutin mencuci tangan pakai sabun dengan benar sesuai ketentuan enam langkah. Yaitu, menggosok telapak tangan, membersihkan sela - sela jari, kemudian gosok telapak tangan dengan jari secara berlawanan, jalinkan jari-jemari kedua telapak tangan saling berhadapan, gosok kedua ibu jari, gosok bagian tengah telapak tangan.

Kemudian menerapkan teknik bernapas yang higienis. Saat batuk atau bersin, maka dianjurkan menutup mulut dan hidung dengan bagian dalam siku lengan. Hal ini untuk mencegah penyebaran kuman dan virus. 

Selanjutnya, selalu waspada dengan mengenakan masker saat bepergian. Menjadi catatan, selalu gunakan masker baru dan jangan dipakai lebih dari satu hari.

Terakhir, dalam video itu juga dijelaskan untuk melepaskan masker dan melipatnya tanpa menyentuh bagian dalam masker sebelum dibuang ke tempat sampah.