Petugas Medis saat mengecek ruang isolasi yang nantinya dapat digunakan untuk pasien suspect atau positif terserang virus Corona atau Covid-19. (Foto: Istimewa)
Petugas Medis saat mengecek ruang isolasi yang nantinya dapat digunakan untuk pasien suspect atau positif terserang virus Corona atau Covid-19. (Foto: Istimewa)

Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang akan menyiapkan 15 Rumah Sakit PKU Muhammadiyah untuk penanganan virus Corona atau Covid-19. Namun, Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah (RS UMM) Malang tidak termasuk dalam daftar tersebut.

Hal ini juga dibenarkan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang dr. Husnul Muarif. 

Pihak Dinkes sebelumnya juga telah merilis daftar rumah sakit yang siap menangani pasien suspect atau positif virus Corona di wilayah Kota Malang.

"Untuk menangani pasien suspect virus Corona, rujukan rumah sakit di Kota Malang ada 4. Rujukan utamanya RS Syaiful Anwar, rujukan satelitnya itu ada di RS Lavalette, RKZ, RS Panti Waluyo, dan RST dr. Soepraoen," ujar Husnul saat diwawancarai oleh pewarta pada hari Rabu (4/3/2020).

Salah satu syarat utama dalam penentuan kelayakan dan kesiapan untuk menangani virus Corona, yakni RS memiliki ruang khusus. 

"Yang penting ada ruang isolasi yang terpisah dari tempat yang lain. Jadi ruang masuknya itu tidak melewati layanan-layanan yang ada. Itu salah satunya," ucapnya.

Husnul juga menambahkan, RS UMM Malang secara domisili memang masih di wilayah Kota Malang. Namun, RS yang berlokasi di Landungsari itu tidak termasuk dalam daftar RS rujukan Corona karena kurangnya persyaratan. 

"Karena diperhitungkan sama Pemerintah Provinsi Jawa Timur belum tersedia beberapa syarat yang mempersyaratkan sebagai rumah sakit rujukan virus Corona. Terutama di ruang isolasinya, akses ke ruang isolasinya dan lain-lain itu," tambahnya kepada pewarta.

Untuk empat RS yang telah dirilis oleh Dinas Kesehatan Kota Malang merupakan penunjukkan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur langsung.

"Ini atas prasarana dan sarana yang tersedia di 4 rumah sakit ini, yang sudah ditunjuk sama Pemerintah Provinsi, bahwa ini siap untuk menangani pasien-pasien yang suspect virus Corona," tuturnya.

Selain empat RS yang ada di Kota Malang, terdapat tambahan dua RS yang ada di Kabupaten Malang, yaitu RSUD Kanjuruhan Kepanjen dan Rumah Sakit Umum Wava Husada. Keterangan itu juga tertuang dalam rilisan pada akun resmi Instagram Pemerintah Kota Malang beberapa waktu lalu.