Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat. (Foto: Dokumen MalangTIMES).
Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat. (Foto: Dokumen MalangTIMES).

November menjadi hari paling istimewa bagi Kabupaten Malang. Karena setiap tahun, tepatnya pada 28 November, Bumi Arema ini akan merayakan hari jadinya. 

Pada 2020 ini, Kabupaten Malang akan memperingati HUT ke 1.260 tahun. Tentu angka yang cukup dewasa untuk terus menjadi daerah yang terbaik dengan sederet inovasinya.

Baca Juga : Dongkrak Perekonomian Nelayan, Disnakan Blitar Gelar Pelatihan Budidaya Udang Vaname

Namun berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, gebyar HUT Kabupaten Malang 1.260 memang dikemas dengan cara yang tak sama. Tentunya harus mengedepankan protokol kesehatan, karena dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19.

Meski begitu, kondisi tersebut bukan menjadi alasan bagi Kabupaten Malang untuk tetap meningkatkan gairah masyarakat Kabupaten Malang. Sebagai bentuk syukur juga dukungan, Pemkab Malang bersama JatimTIMES yang didukung penuh oleh berbagai pihak telah menyiapkan ribuan voucher gratis bagi masyarakat di Bumi Arema.

Voucher gratis jalan-jalan ke beberapa destinasi wisata di Kabupaten Malang, voucher menginap, hingga voucher belanja tersebut akan diberikan secara cuma-cuma kepada masyarakat di Kabupaten Malang. Tentunya dengan cara mengikuti kegiatan Tsunami 1.260 Kabupaten Malang.

Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat menjelaskan, agenda Tsunami 1.260 Kabupaten Malang tersebut merupakan bentuk kerjasama Pemerintah Kabupaten Malang dengan JatimTIMES Group. Kegiatan tersebut didukung penuh oleh berbagai stakeholder di Kabupaten Malang, baik perhotelan, industri pariwisata, hingga industri perbelanjaan dan lain sebagainya.

"Dan agenda ini mengajak langsung masyarakat untuk terlibat langsung dalam memperingati HUT Kabupaten Malang," jelasnya.

Masyarakat yang hendak mengikuti program ini pun menurutnya bisa mengunggah gambar, foto maupun video mengenai Kabupaten Malang di akun Instagram mereka masing-masing. Bagi yang mengirimkan hasil terbaik dan beruntung pastinya akan mendapatkan berbagai hadiah menarik serta voucher gratis.

Wahyu menjelaskan, jika seluruh objek wisata di Kabupaten Malang beserta hotel dan industri lainnya telah menyampaikan kesiapannya mendukung agenda Tsunami 1.260 Kabupaten Malang tersebut. Saat ini, Pemerintah Kabupaten Malang melalui dinas terkait tengah melakukan pendataan.

"Ini juga menjadi wujud dan upaya kami memanjakan masyarakat dan masyarakat tetap bisa semarakkan hari jadi Kabupaten Malang," terangnya.

Mengingat, lanjut Wahyu, selama pandemi ini memang tidak banyak kegiatan yang bisa dilaksanakan. Dengan agenda yang dirancang secara virtual ini, diharapkan gemebyar hari jadi Kabupaten Malang yang selalu dikemas semarak dapat tetap dirasakan masyarakat.

Baca Juga : Partai Hanura Lumajang Berharap APBD 2021 Support pada Bidang Pertanian

"Masyarakat jangan ragu kirim video karena ada banyak voucher yang disiapkan," jelasnya.

Lebih jauh Wahyu juga menerangkan jika kegiatan secara virtual tersebut juga menjadi salah satu stimulus untuk pemutaran ekonomi. Sehingga, selama pandemi ini diharapkan perputaran ekonomi masyarakat akan lebih bergeliat lagi.

"Ekonomi bisa bergeliat, wisata berjalan, otomatis masyarakat juga bisa merasakan," jelas Wahyu.

Agenda perdana itu menurutnya juga menjadi salah satu agenda bagi Kabupaten Malang untuk memantapkan diri sebagai Smart City. Ke depan, setiap Perangkat Daerah di Kabupaten Malang diharapkan bisa melakukan kegiatan serupa untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat. Sehingga, masyarakat juga bisa menikmati pembangunan secara langsung di tengah keterbatasan selama pandemi.

"Terlebih JatimTIMES memiliki banyak pembaca, kami harap ini akan bisa menjadi sangat semarak dan masyarakat tidak ragu untuk mengikuti agenda ini," terangnya.

Sebagai informasi, Tsunami 1.260 Kabupaten Malang merupakan agenda yang diinisiasi oleh JatimTIMES, media berjejaring terbesar di Indonesia bersama dengan Pemerintah Kabupaten Malang. Kegiatan ini didukung penuh oleh seluruh stakeholder di Bumi Arema.

Bagi masyarakat Kabupaten Malang ataupun masyarakat seluruh Indonesia yang hendak mengikuti agenda Tsunami 1.260 Kabupaten Malang ini dapat menyimak ulasan syarat dan tata cara mengikutinya melalui tulisan berikutnya. Jangan lupa untuk selalu pantengin informasi terbaru dari JatimTIMES ya. Baik melalui portal resmi maupun media sosial JatimTIMES.