NC, napi Lapas Kelas IIB Jombang saat hendak masuk mobil usai diperiksa penyidik Satreskoba Polres Jombang. (Foto : Adi Rosul / JombangTIMES)
NC, napi Lapas Kelas IIB Jombang saat hendak masuk mobil usai diperiksa penyidik Satreskoba Polres Jombang. (Foto : Adi Rosul / JombangTIMES)

Polisi mulai memeriksa NC (25), narapidana yang disebut akan menerima paket narkoba yang diselundupkan melalui kerupuk asin ke Lapas Kelas IIB Jombang. 

Rupanya, narkoba yang diselundupkan ke Lapas untuk NC bukan pertama kali ini terjadi.

Baca Juga : Wanita Pengirim Narkoba dalam Kerupuk Pasir ke Lapas Jombang Gunakan Identitas Palsu

NC diketahui akan menerima kiriman paket narkoba dari seorang wanita pada Rabu (11/11/2020). Wanita yang diperkirakan berusia 24 tahun itu mengirim paket sabu yang diselundupkan melalui kerupuk asin.

Pelaku menyelundupkan narkoba melalui kerupuk pasir yang direkatkan atara dua kerupuk. Seolah kerupuk terlihat lengket alami, namun di dalamnya terdapat rongga yang terisi sejumlah narkoba yang dibungkus lakban kecil. Kerupuk yang sudah diseting sedemikian rupa itu, dicampur dengan kerupuk pasir lainnya dalam wadah tas kresek putih.

Kasatreskoba Polres Jombang AKP Moch Mukid mengungkapkan, modus seperti ternyata bukan pertama kali dilakukan pelaku. Dari keterangan NC ke penyidik, dirinya lebih dari satu kali menerima kiriman paket narkoba tersebut.

"Pengakuan NC lebih dari satu kali," ujarnya saat diwawancarai di Mapolres Jombang, Senin (16/11/2020).

Dikatakan Mukid, dari hasil pemeriksaan, NC terakhir menerima kiriman paket narkoba pada dua minggu yang lalu. Saat itu, modus yang digunakan juga sama menggunakan kerupuk pasir. Namun, usaha penyelundupan saat itu berhasil mengelabui petugas Lapas.

"Terakhir dua minggu lalu. Modusnya sama pakai kerupuk," kata Mukid.

Saat ini, polisi sudah mengumpulkan sejumlah bukti untuk memburu pelaku penyelundupan. Sedikitnya ada 5 rekaman cctv di Lapas Kelas IIB Jombang sudah dianalisa untuk mengungkap identitas pelaku.

Baca Juga : Akhirnya, Pengedar Sabu dan Dobel L dari Kediri Ditangkap Satresnarkoba Polres Tulungagung

"Untuk identitas Alhamdulillah sudah kita kantongi. Sekarang tinggal tunggu hari dan jamnya saja. Semoga pelaku segera tertangkap," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, petugas Lapas Kelas IIB Jombang berhasil menggagalkan upaya penyelundupan paket narkoba pada Rabu (11/11) sekitar pukul 09.30 WIB. Penyelundupan itu terungkap saat petugas Lapas Jombang mencurigai bungkusan yang berisi kerupuk pasir yang dibawa wanita untuk NC.
 

Saat diperiksa, sipir Lapas Jombang menemukan delapan buah kerupuk yang posisinya ditempel setiap dua kerupuk. Sehingga, terdapat empat buah kerupuk yang saling merekat. Di mana di dalam kerupuk ternyata berisai paket narkoba.