Ilustrasi (Istimewa).
Ilustrasi (Istimewa).

Keutamaan hari Jumat  sudah diketahui oleh sebagian besar umat muslim di dunia. Sebab, Rasulullah SAW telah menyampaikan pesan bahwa ada banyak kebaikan yang dilakukan saat hari Jumat datang. Selain itu, para ulama menyebut  ada sekitar 100 keutamaan yang bisa dikerjakan pada  hari Jumat.

Ustaz Khalid Basalamah dalam sebuah kajian yang diunggah Islam Terkini menyampaikan, Jumat merupakan hari terjadinya kiamat. Dalam riwayat Imam Ahmad dan Ibnu Majjah, Rasulullah SAW menyampaikan, dari seluruh hari, Jumat adalah hari seagung-agungnya hari. Bahkan lebih agung daripada Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha.

Baca Juga : Daun Sembukan di Tulungagung Dikenal dengan Nama "Gembrot", Kok Bisa..?

Ada lima kejadian besar di hari Jumat. Yakni Allah SWT menciptakan Nabi Adam AS pada hari Jumat, Allah SWT menurunkan Nabi Adam AS ke bumi pada Jumat, Allah SWT mewafatkan Nabi Adam AS pada Jumat. Kemudian tidak ada satu pun doa yang tak dikabulkan pada hari Jumat selama ia tak meminta yang haram serta hari Jumat akan terjadi kiamat.

"Tidak ada malaikat yang dekat dengan Allah, langit, bumi, angin, gunung, lautan, dan seluruh makhluk Allah kecuali mencintai hari Jumat," kata Rasulullah SAW.

Disebutkan bahwa orang yang meninggal dunia pada  Jumat merupakan orang yang husnul khatimah. Rasulullah SAW bersabda, “Tidak ada seorang muslim yang meninggal di hari Jumat, atau malam Jumat melainkan Allah SWT akan melindunginya dari fitnah kubur (pertanyaan malaikat).”

"Pasti yang Allah SWT wafatkan di hari itu memiliki kemuliaan. Allah SWT mengajarkan muslim untuk meninggal dalam kondisi baik," terang Ustaz Khalid.

Keutamaan sedekah yang paling afdal juga pada hari Jumat. Sebab, setiap Jumat banyak orang miskin yang mengumpul dan meminta bantuan. Itu akan mendatangkan rezeki bagi setiap muslim yang mau bersedekah.

Sedekah di hari Jumat akan dilipatgandakan pahalanya. Sebagainya Rasulullah SAW berkata, “Sedekah di hari Jumat akan dilipatgandakan pahalanya.”

Selain itu, dianjurkan agar saat Jumat, membaca QS Al-Kahfi. Rasulullah SAW menyampaikan, siapa pun yang membaca Al-Kahfi di malam Jumat, maka Allah SWT akan memberikan cahaya antara wajahnya dan Kakbah. Para ulama sepakat bahwa maksud sabda Rasulullah SAW itu adalah Allah SWT akan memberi banyak kesempatan bagi orang yang membaca Surat Al-Kahfi pada malam Jumat untuk mendatangi Kakbah, baik umrah ataupun haji.

Baca Juga : 5 Ilmu Pelet dan Mantra yang Diyakini Ampuh di Tulungagung

Dalam riwayat lain disebutkan bahwa  orang yang membaca Al-Kahfi pada hari Jumat akan dihindarkan dari fitnah Dajjal. Ulama sepakat jika malam Jumat adalah ketika Kamis malam, dan akan mendapat keutamaan berganda jika membaca Al-Kahfi pada malam Jumat dan hari Jumat.

Dianjurkan membaca salawat kepada Rasulullah SAW karena Jumat hari terbaik. Dan setiap salawat akan disampaikan langsung kepada Rasulullah SAW.

Ada begitu banyak keutamaan di hari Jumat. Para ulama sepakat ada sekitar 100 keutamaan di hari Jumat. Semua jenis ibadah yang dilakukan di hari Jumat, termasuk mencari rezeki, akan sangat baik. "Jalankan semua perintah agama pada hari Jumat agar kalian beruntung," terang Ustaz Khalid.