Eksepsi Kasus Swab Palsu Ditolak Hakim hingga Permintaan Habib Rizieq Jelang Ramadan! | Pasuruan TIMES

Eksepsi Kasus Swab Palsu Ditolak Hakim hingga Permintaan Habib Rizieq Jelang Ramadan!

Apr 07, 2021 14:39
Habib Rizieq (Foto:  Okezone)
Habib Rizieq (Foto: Okezone)

INDONESIATIMES-  Sidang eksepsi Habib Rizieq soal kasus swab palsu di RS Ummi digelar hari ini Rabu (7/4/2021). Sayangnya, eksepsi Habib Rizieq tersebut ditolak oleh majelis hakim PN Jakarta Timur.  

Lantas apa alasan hakim menolak eksepsi tersebut? Salah satu alasannya yakni dakwaan yang diberikan jaksa penuntut umum (JPU) sudah memenuhi syarat formil.

Baca Juga : Operasi Pekat Semeru Jelang Ramadan, Polres Blitar Kota Ringkus 34 Tersangka

"Menimbang bahwa setelah membaca dan mengkaji surat dakwaan atas nama Muhammad Rizieq Shihab atau Habib Rizieq Shihab, majelis hakim berpendapat bahwa surat dakwaan tersebut sudah memenuhi syarat formil suatu surat dakwaan," ujar ketua majelis hakim Khadwanto.  

Khadwanto juga mengatakan jika isi pokok dakwaan telah memuat soal identitas lengkap terdakwa. Terlampir pula uraian mengenai tindakan yang didakwakan sudah sesuai dengan waktu dan tempat.

Selain itu, hakim menolak eksepsi tersebut karena isi nota keberatan terdakwa dan penasihat hukumnya dianggap sudah masuk dalam pokok perkara. Menurut hakim, pokok perkara itu harus terlebih dahulu diperiksa di persidangan.

Oleh sebab itu, dengan ditolaknya eksepsi tersebut, majelis hakim memerintahkan kepada jaksa penuntut umum untuk menghadirkan saksi pada Rabu (14/4/2021).  Rencananya, jaksa akan mengahadirkan 5 saksi dalam kasus ini.

Permintaan Habib Rizieq jelang bulan Ramadan

Di sisi lain, Habib Rizieq mengajukan permintaan jelang bulan Ramadan. Kuasa hukumnya Habib Rizieq meminta agar majelis hakim PN Jaktim melakukan tes swab Covid-19 terhadap kliennya pada malam hari sebelum sidang lanjutan kasus dugaan swab palsu.  

Lantaran sidang lanjutan tersebut akan digelar saat awal bulan Ramadan. Hal ini bertujuan agar ibadah puasa yang dijalani Habib Rizieq tidak batal.  

Baca Juga : Ini Cara Mendapatkan Kuota Gratis Kemendikbud 2021

"Pekan depan mau masuk Ramadan. Sehingga untuk proses swab malam harinya agar tak membatalkan terdakwa ibadah puasanya," kata salah satu kuasa hukum Habib Rizieq.

Terkait permintaan itu, Khadwanto mengatakan pengacara terdakwa bisa diakomodir oleh tim teknis PN Jaktim.

"Nanti hasil swab bisa diakomodir kepada bagian teknis. Swab-nya malam harinya ya agar tak membatalkan puasa ya," kata hakim.

Topik
swab palsu Habib Rizieq jelang bulan ramadan

Berita Lainnya