Viral di Medsos Video Tes Tangan, Benarkah Bisa Ungkap Kondisi Saraf? Ini Penjelasan Dokter | Pasuruan TIMES

Viral di Medsos Video Tes Tangan, Benarkah Bisa Ungkap Kondisi Saraf? Ini Penjelasan Dokter

Sep 15, 2021 11:05
Ilustrasi (Foto: NPR)
Ilustrasi (Foto: NPR)

JATIMTIMES - Belakangan ini media sosial Instagram dan TikTok diramaikan dengan video tes saraf tangan. Banyak akun-akun yang mengunggah video di Reels berisi gerakan jari tangan yang mengisyaratkan angka 1-5 secara acak.

Disebutkan bahwa gerakan jari tersebut dapat mengunggap kondisi saraf kita. Lantas apakah benar dengan melakukan tes tangan itu bisa diketahui bagaimana kondisi saraf kita? 

Berikut penjelasan dokter ahli

Baca Juga : Choopperland, Motor Modifikasi Milik Jokowi yang Diduga Hilang dari LHKPN, Sempat Viral di 2018

Dokter spesialis bedah saraf, dr Ryu Hasan, yang bekerja di Primaya Hospital mengungkapkan gerakan jari tangan seperti yang saat ini viral itu bukan merupakan tes saraf tangan.

"Itu latihan keterampilan motorik. Motorik kan dikendalikan otak jadi tiap orang keterampilannya beda-beda, misal, ada yang keterampilan motorik halusnya lebih baik dari keterampilan motorik yang lain," jelas Ryu dikutip dari wawancara eksklusif CNN Indonesia.

Pada video ditampilkan deret angka lalu dipraktikkan lewat gerakan tangan. Ryu mengibaratkan hal itu seperti partitur (teks berisi not musik) dan orang yang dapat memainkan alat musik. 

Karena kemampuan koordinasi penglihatan dan motorik orang berbeda, maka gerakan tangan tiap orang bisa saja beda atau tidak sesuai dengan angka yang diminta. Kendati demikian, bukan berarti ada masalah pada saraf tangan. 

Jika terus dilatih gerakan jari tangan, lama-kelamaan akan terampil. "Itu bukan untuk mengetes kesehatan saraf atau mengetahui penyakit saraf," imbuhnya.

Ryu juga menambahkan tanda masalah saraf di tangan bisa ditandai dengan tangan mendadak kebas. Kebas misalnya pada tangan kiri, biasanya bersumber dari saraf leher terjepit atau ada masalah pada otak sebelah kanan.

Kemudian ada pula kelemahan di salah satu sisi tangan. Tangan terasa lebih lemah dari biasanya. Ada pula kesemutan yang kerap terjadi mulai dari pergelangan tangan hingga ujung jari.

Ia lantas menyarankan jika kebas hilang timbul atau makin hebat sebaiknya segera kontrol ke dokter.

Baca Juga : Lagi, Alfamart di Ngale Ngawi Disatroni Pencuri

Senada dengan Ryu, Yuda Turana yang juga dokter spesialis saraf di RS Atma Jaya, berkata video tes saraf tangan itu bukan merupakan tes saraf. Saat saraf jari tangan terganggu, gerakan sederhana seperti di video itu pun belum tentu terganggu.

"Misalnya saja [saraf tangan] terganggu bisa karena gangguan otot dan sendi juga," kata Yuda. 

Ia menambahkan gangguan pada saraf tangan atau jari-jari tangan bisa ditandai dengan keluhan kesemutan, kekakuan dan kelemahan pada jari hingga tremor.

Ryu juga menambahkan tanda masalah saraf di area tangan juga bisa ditandai dengan tangan mendadak kebas. Kebas misalnya pada tangan kiri, biasanya bersumber dari saraf leher terjepit atau ada masalah pada otak sebelah kanan.

Kemudian kelemahan di salah satu sisi tangan. Tangan terasa lebih lemah dari biasanya. Ada pula kesemutan yang kerap terjadi mulai dari pergelangan tangan hingga ujung jari.

"Kalau kebas hilang timbul atau makin hebat sebaiknya kontrol ke dokter. Terjadi kelemahan, juga harus cek," katanya.

Topik
saraf tangan dokter saraf kesehatan saraf

Berita Lainnya