6 Khasiat Kentang Bagi Kesehatan, Turunkan Tekanan Darah hingga Menjaga Kesehatan Pencernaan | Pasuruan TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

6 Khasiat Kentang Bagi Kesehatan, Turunkan Tekanan Darah hingga Menjaga Kesehatan Pencernaan

Jun 22, 2022 08:20
Kentang (Foto: Macmillan Dictionary)
Kentang (Foto: Macmillan Dictionary)

JATIMTIMES - Healthy vlogger dr. Saddam Ismail mengungkap 6 khasiat atau manfaat dari kentang yang jarang diketahui banyak orang. Menurut dr. Saddam Ismail, kentang punya banyak sekali manfaat bagi kesehatan. 

Salah satu manfaat kentang yaitu bisa menjaga kesehatan jantung. Kentang juga termasuk dalam jenis makanan yang punya kandungan karbohidrat kompleks.

Baca Juga : Askot PSSI Kota Malang Angkat Bicara, Terkait Kericuhan Sepak Bola di Pertandingan Porprov VII Jatim

Sehingga tak sedikit orang yang menjadikan kentang sebagai pengganti nasi. Kentang biasanya juga diolah dalam berbagai macam hidangan, mulai dari sambel goreng, campuran sop, hingga rawon.

Dilansir dari kanal Youtube Saddam Ismail, Rabu (22/6/2022) berikut 6 khasiat kentang menurut dr. Saddam Ismail:

1. Menurunkan tekanan darah

Kentang punya zat kalium yang berfungsi untuk menstabilkan darah. Jika rutin makan kentang, tekanan darah akan bisa stabil.

2. Menurunkan risiko penyakit kronis

Kentang juga punya kandungan dan senyawa seperti flavonoid, karotenoid, dan juga asam fenolik.

dr. Saddam Ismail mengatakan, kandungan ini memiliki peran sebagai antioksidan. Antioksidan sendiri sangat berperan penting untuk menangkal radikal bebas yang bisa merusak sel pada tubuh, agar tidak mudah timbul penyakit kronis.

Dengan mengkonsumsi kentang, bisa membantu menangkal radikal bebas sehingga menurunkan risiko untuk terkena penyakit kronis.

3. Meningkatkan fungsi saraf dan otak

Selain itu, kentang juga memiliki vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan saraf dan otak. Vitamin dan juga kandungan yang terdapat pada kentang ini bisa membantu memproduksi bahan kimia pada otak.

"Mengkonsumsi kentang dapat membantu mengurangi stres, depresi, hingga gangguan kecemasan," jelas dr. Saddam Ismail.

Pada kentang juga ada kalium yang membantu melebarkan pembuluh darah, sehingga otak mendapatkan cukup oksigen, darah dan juga nutrisi.

Baca Juga : Gelar Seminar Profesi Akuntansi, FEB UNISMA Pertanyakan Akuntan di Masa Trasnformasi Digital

4. Membantu mengendalikan kadar gula darah

Meski termasuk karbohidrat kompleks, kentang ternyata bisa membantu mengendalikan kadar gula pada darah.

"Ini dikarenakan kentang memiliki banyak pati resisten yang tidak bisa sepenuhnya diserap oleh tubuh," kata dr. Saddam Ismail.

Sehingga ketika pati masuk dalam usus besar, maka kentang menjadi nutrisi baik bagi bakteri baik di dalam usus. dr. Saddam Ismail juga menyebutkan bahwa menurut penelitian, pati resisten bisa memaksimalkan kerja insulin.

5. Menjaga kesehatan jantung

Kentang juga memiliki kandungan seperti karotenoid, vitamin C dan juga B 6. Kandungan itu berkhasiat untuk menjaga fungsi jantung.

"Selain itu, kandungan vitamin C dan B6 yang terdapat pada kentang, dapat membantu menangkal radikal bebas pada sel-sel jantung dan juga sel-sel tubuh lainnya," ujar dr. Saddam Ismail.

6. Menjaga kesehatan pencernaan

Pati resisten yang ada pada kentang sangat baik untuk pencernaan kita. dr. Saddam Ismail mengatakan kentang bisa mengurangi peradangan, memperkuat pertahanan usus, mengurangi risiko infeksi, membantu pemulihan infeksi pada usus, sampai membantu mengurangi risiko kanker pada usus besar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
kesehatan pencernaan manfaat kentang dr saddam ismail Tips Sehat

Berita Lainnya